Dasar Penggunaan Bitcoin

Hasil gambar untuk Dasar penggunaan bitcoin

Sebagai pengguna baru, Anda bisa langsung mulai menggunakan Bitcoin tanpa harus memahami detil teknisnya. Setelah Anda menginstal dompet Bitcoin di komputer atau ponsel, secara otomatis akan tercipta alamat Bitcoin pertama Anda dan Anda bisa membuat lebih banyak alamat lagi kapanpun Anda membutuhkan. Anda bisa memberikan alamat Bitcoin Anda kepada teman-teman Anda sehingga mereka bisa membayar Anda ataupun sebaliknya. Sangat mirip dengan cara kerja email, kecuali bahwa alamat Bitcoin hanya bisa digunakan sekali.

Bitcoin

Bitcoin Saldo – Rantai-Blok..

Rantai-Blok adalah sebuah catatan transaksi umum bersama di mana jaringan Bitcoin bersandar. Semua transaksi terkonfirmasi termasuk di dalam rantai-blok. Dengan demikian, dompet Bitcoin dapat menghitung sisa uang yang dapat dibelanjakan dan transaksi-transaksi baru dapat diverifikasi untuk dibelanjakan dengan bitcoin yang memang dimiliki oleh pengguna. Integritas dan urutan kronologis rantai-blok diberlakukan dengan kriptografi.

Transaksi (Kunci Pribadi)

Sebuah transaksi adalah transfer nilai antara dompet Bitcoin yang termasuk di dalam rantai-blok. Dompet Bitcoin menyimpan bagian rahasia dari data yang disebut kunci pribadi, yang digunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis bahwa memang benar si pemilik dompet yang bertransaksi. Tanda tangan juga mencegah transaksi diubah oleh siapapun setelah diterbitkan. Semua transaksi disiarkan antara pengguna dan biasanya akan mulai dikonfirmasi oleh jaringan dalam waktu 10 menit, melalui proses yang disebut penambangan.

Memproses (Penambangan)

Penambangan merupakan sebuah sistem kesepakatan terdistribusi yang digunakan untuk mengonfirmasi antrian transaksi dengan memasukkan mereka ke dalam rantai-blok. Penambangan menyusun urutan kronologis dalam rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer yang berbeda untuk menyetujui pada keadaan sistem. Untuk dapat dikonfirmasi, transaksi haruslah dibungkus dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi yang sangat ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan. Aturan tersebut untuk mencegah blok sebelumnya dimodifikasi karena akan membatalkan semua blok berikutnya. Penambangan juga seperti sebuah lotre yang kompetitif untuk mencegah setiap individu dengan mudahnya menambahkan blok baru secara berturut-turut ke dalam rantai-blok. Dengan demikian, tidak ada individu yang bisa mengendalikan apa yang dimasukkan ke dalam rantai-blok atau mengganti bagian dari rantai-blok untuk memutar balik transaksi mereka.

Sumber: bitcoin.org

Leave a comment